Skip to main content

Rancangan Sistem Informasi untuk menyelesaikan masalah pada Kantor cabang Hypermart


Buatlah suatu rancangan sistem dari kasus diatas sesuai tahapan analisa sistem yang sudah anda pelajari ?

Contoh Kasus :

Anda bekerja sebagai analis sistem di kantor pusat Hypermart. Manajer anda menugaskan anda mengunjungi salah satu kantor cabang untuk mengenal kegiatan di tingkat cabang. Saat anda tiba disana, banyak orang yang sedang berbelanja, tempat parkir penuh dan anda harus menunggu untuk mendapat parkir. Keadaan didalam tidak jauh berbeda. Dari 10 kasir, hanya ada 5 kasir yang buka sehingga terjadi antrian yang panjang. Kemudian anda pergi ke gudang dan disana beberapa pegawai tampak kesulitan dalam mencari suatu barang. Truk yang seharusnya membawa persediaan barang tersebut mengalami kerusakan di jalan sehingga kekurangan persediaan. Gudang sangat berantakan dengan tumpukan kardus yang tidak memiliki aturan penempatan.

Ketika anda keluar gudang tampak antrian pengunjung yang menukarkan barang nya karena terjadi kerusakan pada saat dilakukan pengepakan barang. Manajer toko terpaksa harus menggantikan posisi kasir karena harus menyesuaikan dengan anggaran dari kantor pusat.

Rancangan :

1. Bagian Parkir

Pada Diagram tersebut disimpulkan bagaimana cara menanggulangi tempat parkir yang penuh dan cara agar pelanggan tidak perlu menunggu lama agar mendapatkan tempat parkir yaitu  pada proses pelanggan masuk ke hypermart, pelanggan membutuhkan kartu parkir untuk memarkirkan kendaraanya. Setelah mendapatkan kartu parkir ,pelanggan pun mendapatkan tempat parkir dan langsung memarkirkan kendaraanya sehingga tidak perlu mengantri/menunggu untuk mendapatkan tempat parkir.



2. Bagian Tempat kasir


Berdasarkan dari diagram diatas maka dapat disimpulkan bagaimana cara menanggulangi antrian panjang dikasir yaitu adalah memakai metode antrian yang bermekanisme First Come First Serve (yang datang dahulu dia yang pertama) agar tidak terjadi selak menyelak antar antrian,dan juga menentukan jumlah kasir untuk pelanggan dan tidak dibatasi jumlah transaksi ataupun jenis transaksinya.Serta menggunakan aplikasi My SQL dan PHP yaitu. agar kita mengetahui sistem pengolahan barang ,sebagai sarana untuk memudahkan penginputan dan pengolahan data ,dan agar mudah untuk mengetahui jumlah stok barang,serta menghasilkan laporan laporan yang lebih cepat dan akurat.

3. Bagian Tempat Gudang


Berdasarkan dari diagram diatas dapat disimpulkan cara menanggulangi barang yang berantakan di gudang yaitu pada proses barang datang maka barang langsung di data dan bersiap agar segera dimasukkan ke gudang dan sebelum barang dimasukin/ditata ke gudang,lebih baik mengeleuarkan semua benda yang berserakan di sekitar gudang maupun di dalam gudang.Sesudah di bereskan benda benda yang berserakan kemudian barang yang datang langsung dimasukan/ditata ke gudang sesuai kategori barang dan juga jangan lupa untuk mengelompokkan kardus sesuai produk barang,Serta susun kardus dalam rak agar terlihat rapi sesuai produk dan tanggal expired.Jika sudah data barang yang tadi baru datang langsung di bikin laporan dan dikirim ke manager.

Ini adalah contoh kasus dan cara menyelesaikan nya menggunakan Rancangan sistem Informasi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengaplikasian Mobile Computing

Pengaplikasian Mobile Computing Apa itu Ubiquitous Computing? Konsep dasar mengenai ubiquitous computing pertama sekali diperkenalkan oleh Gordon Moore pada tahun1965. Moore mengamati bahwa jumlah transistor pada sebuah sirkuit meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Pengamatan ini kemudian melahirkan Moore’s Law Electronics yang menyakan “The future of Integrated Electronics is the future of electronics itself. The advantages of integration will bring about a proliferation of electronics, pushing this science into many areas. Integrated circuits will lead to such wonder as home computer-or at least terminal connected to a central computer-automatic control for automobiles, personal portable communications equipment”. Moore mengemukakan bahwa di masa depan seluruh alat elektronik akan saling terhubung dan dikontrol pada sebuah komputer secara otomatis. Sementara itu istilah ubiquitous computing sendiri pertama sekali diperkenalkan oleh Mark Weiser pada tahun 1988 di XEROX PARC ketika...

Life is Strange apk + obb Game PC DiAndroid

Life is Strange apk + obb  Akhirnya keluar juga game yang dinanti-nanti keluar di android. Jujur saja, saya penasaran akan cerita dan grafisnya. Karena dulu game ini banyak di bahas di grup PS3 di FB yang saya ikuti. Tapi karena saya waktu itu tidak begitu suka akan gameplaynya yang point n click saya abaikan, sama halnya game Walking Deadnya Telltale. Tapi di luar dugaan, saat saya mainkan kemarin, ternyata grafisnya sangat bagus guys  , bahkan bisa saya katakan memukau untuk ukuran grafis game mobile. Yang bikin takjub lainnya adalah gerakan animasinya yang sangat terkesan natural. Seolah-olah saya sedang memainkan sebuah game konsol. Tokoh utama adalah seorang gadis bernama Max Caulfield  Game ini sendiri akan di kemas dalam 5 episode. Di awal game kita akan mengendalikan seorang gadis remaja yang tiba-tiba berada di hutan dalam keadaan hujan badai. Anehnya dia tidak ingat kenapa dia berada di tempat ini. Dengan susah payah dia berjalan hingga menemukan...

Aplikasi Client dan Server

Apa itu Aplikasi Client - Server Pengertian Pada dasarnya client server merupakan konsep arsitektur perangkat lunak atau software yang menghubungkan dua objek berupa sistem client dan sistem server yang saling berkomunikasi melalui jaringan komputer maupun satu komputer yang sama. Server akan menyediakan pengelolaan aplikasi, data dan keamanan data client. Pada fungsi pertukaran akses web, client server berperan sebagai program web browser yang memberikan informasi kepada pengguna atau user di seluruh dunia. Hal ini serupa dengan akses email, database dan sebagainya yang berkaitan dengan jaringan browser. Aplikasi client server membutuhkan laman web dan IP address dari server khusus. Client dapat meminta informasi pada server kapanpun ia mau, karena client adalah pengguna informasi yang ada di server. Proses komunikasi selalu bergerak dua arah, jika client ingin menggunakan informasi maka rute yang dituju selalu pada server. Client tidak bisa berkomunikasi kepada sesama client. Fungsi ...