Skip to main content

Tipe Sistem Perangkat Mobile Computing

Mengapa Teknologi Mobile Computing termasuk dalam Jaringan Nomadic ?

Jenis Jaringan Nomadic - Jaringan Nomadic (Mobile Computing Network) merupakan jaringan tanpa kabel (Nirkabel) yang digunakan oleh user namun tetap bisa digunakan walaupun user berpindah tempat atau lokasi (Mobile).

Nomadic Computing menyangkut tentang perangkat komputasi portabel (Laptop dan Gadget) hubungannya dengan teknologi komunikasi mobile yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dan data di mana saja di dunia.

1. Jenis Jaringan Wireless LAN (W-LAN)

Wireless LAN (WLAN) merupakan Local Area Network (LAN) tanpa kabel (Nirkabel) yang digunakan untuk memancarkan dan menerima data melalui gelombang udara. WLAN bersifat fleksibel menggunakan frekuensi radio, mengirim dan menerima data lewat udara dengan meminimalisir sambungan kabel.


BSS (Basic Service Set) yang merupakan struktur dasar dari sebuah infrastruktur jaringan LAN Nirkabel, dalam jaringan tersebut terdapat AP (Access Poitnt) yang terhubung. AP menyebarkan SSID (Service Set Identifier) untuk memungkinkan perangkat lain bergabung dengan jaringan.

Penerapan : Wireless Lan pada sebuah infrastruktur ruangan kantor.

2. Jenis Jaringan Wireless Access Point (W-AP)

Wireless W-AP merupakan antena yang menghubungkan perangkat mobile (Laptop dan Gadget) pada Jaringan W-AP menggunakan suatu perangkat Access Point (AP).

Penerapan : Wireless W-AP pada rumah yang menggunakan paket telkom speedy.

3. Jenis Jaringan Hotspot

Hotspot merupakan suatu lingkungan geografis kecil disebut dengan Area Bersinyal di dalam mana suatu titik akses tanpa kabel menyediakan layanan kepada sejumlah pemakai (Client) dan Hotspot dapat memancarkan suatu koneksi jaringan kepada penerima dengan frekuensi tertentu yang dipancarkan oleh Wi-Fi (Wireless Fidelity).


Penerapan : Pembuatan Hotspot pada Smartphone untuk Internet Sharing.

4. Jenis Jaringan Wi-Fi (Wireless Fidelity)

Wi-Fi adalah sebuah teknologi terkenal yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (Gelombang Radio) melalui sebuah jaringan komputer, Wi-Fi memiliki nama standar transmisi data 802.11b.
Penerapan : Jaringan Wi-Fi pada Smartphone untuk mencari Jaringan Hotspot.

5. Jenis Jaringan Voice Portal

Voice Portal merupakan Website dengan audio interface, diakses dengan menggunakan panggilan telepon, voice portal ini biasa digunakan pada Acara TV, Bisnis Perusahaan dan Bursa Saham.



Apa itu Ubiquitous Computing?

Konsep dasar mengenai ubiquitous computing pertama sekali diperkenalkan oleh Gordon Moore pada tahun1965. Moore mengamati bahwa jumlah transistor pada sebuah sirkuit meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Pengamatan ini kemudian melahirkan Moore’s Law Electronics yang menyakan “The future of Integrated Electronics is the future of electronics itself. The advantages of integration will bring about a proliferation of electronics, pushing this science into many areas. Integrated circuits will lead to such wonder as home computer-or at least terminal connected to a central computer-automatic control for automobiles, personal portable communications equipment”. Moore mengemukakan bahwa di masa depan seluruh alat elektronik akan saling terhubung dan dikontrol pada sebuah komputer secara otomatis. Sementara itu istilah ubiquitous computing sendiri pertama sekali diperkenalkan oleh Mark Weiser pada tahun 1988 di XEROX PARC ketika menjabat sebagai direktur Computer Science Laboratory (CSL).

Weiser berpendapat bahwa di masa depan teknologi komputer akan kita temui ditanamkan (embedded) pada setiap perangkat yang kita gunakan sehari-hari, dimana perangkat tersebut akan mendukung aktifitas harian kita, dan relevan dengan aktifitas harian kita masing-masing, mengelola rumah kita. Weiser menyebutkan “The most profound technologies are those that disappear. They weave themselves into the fabric of everyday life until they indistinguishable from it”. Menurut Weiser, ubiquitous computing adalah the next generation computing environment dimana penggunanya secara terus menerus berinteraksi dengan jaringan wireless komputer, computing ada di seluruh aktifitas manusia dan invisible kepada penggunanya. Ada tiga key points menurut Wiser, yaitu: (1) Contrasting virtual reality yakni menanamkan (embedded) komputer ke dalam real world, bukan real world kedalam komputer; (2) Challenging the Personal Computing paradigm yakni terlalu berfokus pada mesin dibandingkan task yang harus diselesaikan; (3) New Era of Computing yakni komputer ada di setiap aktifitas kehidupan kita.

Gambar 1 merupakan contoh dari ubiquitous computing. Pengguna terhubung dengan berbagai layanan yang diakses melalui smart devices pada smart environment  dengan menggunakan smart interaction. Hal ini akan mengubah paradigma computing time shared by many people menjadi human time shared by many computers. Bagaimana hal ini dimungkinkan? Perkembangan teknologi komputer sendiri sah mendukung hal-hal berikut ini: (1) Microprocessors sudah berukuran kecil sehingga mudah ditanamkan diperangkat yang digunakan pada aktifitas sehari-hari; (2) Storage harganya sudah lebih terjangkau dan dengan kapasitas yang besar; (3) Wireless networking tersedia untuk mendukung komunikasi; (4) Material baru untuk mendukung berbagai bentuk kebutuhan seperti e-ink, dan tampilan yang fleksibel.


Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration. Pada era personal computing membutuhkan perhatian penuh pengguna dan tidak menggimplentasikan context-awareness dalam pengembangannya, sementara itu pada era ubiquitous computing system sudah melibatkan context-awareness dan melibatkan human-computer pada sistem. Context-awareness yang dimaksud adalah memodelkan aktifitas penggunanya (yang dapat diukur secara tenjibel) dalam berbagai situasi untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengoptimalkan sistem. Sehingga kita sulit membedakan aktifitas yang berinteraksi dengan komputer atau manusia.

Penerapan ubiquitous computing seperti pada Info Pad.InfoPad merupakan penelitian yang dilakukan di universitas UC Berkeley, berkaitan dengan Ubiquitous Computing System. Penelitian ini dimulai pada tahun 1992 yang bertujuan menyediakan informasi multimedia yang akan diakses oleh 50 pengguna pada lokasi yang sudah ditentukan secara bersamaan. InfoPad menggunakan devices yang menampilkan informasi multimedia secara portable dengan wireless terminal dengan cost rendah.

Seluruhnya informasi multimedia disimpan di server. InfoPad menggunakan LCD dan stylus untuk mendukung interaksi pengguna dengan devices. Pengembangan lebih lanjut lagi, InfoPad menggunakan pengenalan suara (speech recognition) dalam menerima perintah dari penggunanya. Pengenalan suara akan memetakan masing-masing suara ke perintah dari pengguna jika menggunakan stylus. Seluruh pengolahan masukan data dan pengembalian informasi dilakukan di server, InfoPad hanya bertujuan untuk menerima data dari pengguna dan menampilkan informasi dari server.  InfoPad dapat digunakan pada daerah yang sudah ditentukan UC Berkeley melalui wireless connection. Arsitektur InfoPad proyek seperti tertera pada gambar diatas.


Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi
http://id.wikipedia.org/wiki/Area_bersinyal
http://en.wikipedia.org/wiki/Voice_portal
http://searchmobilecomputing.techtarget.com/definition/nomadic-computing
http://jaringankomputer.org/wireless-lan-pengertian-cara-kerja-dan-kelebihan-wireless-lan/
https://socs.binus.ac.id/2018/12/20/apa-itu-ubiquitous-computing/

Comments

Popular posts from this blog

Pengaplikasian Mobile Computing

Pengaplikasian Mobile Computing Apa itu Ubiquitous Computing? Konsep dasar mengenai ubiquitous computing pertama sekali diperkenalkan oleh Gordon Moore pada tahun1965. Moore mengamati bahwa jumlah transistor pada sebuah sirkuit meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Pengamatan ini kemudian melahirkan Moore’s Law Electronics yang menyakan “The future of Integrated Electronics is the future of electronics itself. The advantages of integration will bring about a proliferation of electronics, pushing this science into many areas. Integrated circuits will lead to such wonder as home computer-or at least terminal connected to a central computer-automatic control for automobiles, personal portable communications equipment”. Moore mengemukakan bahwa di masa depan seluruh alat elektronik akan saling terhubung dan dikontrol pada sebuah komputer secara otomatis. Sementara itu istilah ubiquitous computing sendiri pertama sekali diperkenalkan oleh Mark Weiser pada tahun 1988 di XEROX PARC ketika...

Aplikasi Client dan Server

Apa itu Aplikasi Client - Server Pengertian Pada dasarnya client server merupakan konsep arsitektur perangkat lunak atau software yang menghubungkan dua objek berupa sistem client dan sistem server yang saling berkomunikasi melalui jaringan komputer maupun satu komputer yang sama. Server akan menyediakan pengelolaan aplikasi, data dan keamanan data client. Pada fungsi pertukaran akses web, client server berperan sebagai program web browser yang memberikan informasi kepada pengguna atau user di seluruh dunia. Hal ini serupa dengan akses email, database dan sebagainya yang berkaitan dengan jaringan browser. Aplikasi client server membutuhkan laman web dan IP address dari server khusus. Client dapat meminta informasi pada server kapanpun ia mau, karena client adalah pengguna informasi yang ada di server. Proses komunikasi selalu bergerak dua arah, jika client ingin menggunakan informasi maka rute yang dituju selalu pada server. Client tidak bisa berkomunikasi kepada sesama client. Fungsi ...

Life is Strange apk + obb Game PC DiAndroid

Life is Strange apk + obb  Akhirnya keluar juga game yang dinanti-nanti keluar di android. Jujur saja, saya penasaran akan cerita dan grafisnya. Karena dulu game ini banyak di bahas di grup PS3 di FB yang saya ikuti. Tapi karena saya waktu itu tidak begitu suka akan gameplaynya yang point n click saya abaikan, sama halnya game Walking Deadnya Telltale. Tapi di luar dugaan, saat saya mainkan kemarin, ternyata grafisnya sangat bagus guys  , bahkan bisa saya katakan memukau untuk ukuran grafis game mobile. Yang bikin takjub lainnya adalah gerakan animasinya yang sangat terkesan natural. Seolah-olah saya sedang memainkan sebuah game konsol. Tokoh utama adalah seorang gadis bernama Max Caulfield  Game ini sendiri akan di kemas dalam 5 episode. Di awal game kita akan mengendalikan seorang gadis remaja yang tiba-tiba berada di hutan dalam keadaan hujan badai. Anehnya dia tidak ingat kenapa dia berada di tempat ini. Dengan susah payah dia berjalan hingga menemukan...